Posted in @Sophy119, My Post

Jajak Pendapat Opini tentang KEMATIAN

Jajak Pendapat Opini tentang “KEMATIAN” Jajak Pendapat Opini atau hemat saya saya sebut JPO adalah sebuah konsep yang akan saya pakai untuk menjaring dan mengumpulkan pendapat dan opini dari orang-orang tetang suatu tema yang saya angkat. Ini adalah refleksi subjek kedua, ketiga, keempat, dan sampai tak terbatas yang coba saya masukkan dalam sebuah tulisan yang akan saya muat nantinya. Ini adalah sebagai pengantar bagi saya untuk membandingkan refleksi subjek kedua ketiga dan hingga tak terbatas dengan refleksi subjek pertama (saya). Dan untuk JPO saya akan mengajak orang-orang terdekat saya untuk menyampaikan pendapat dan opini mereka tentang tema yang saya angkat ke permukaan pengetahuan. JPO juga bisa menjadi sarana untuk berbagi dan saling bertukar pikiran antar orang-orang terdekat saya.

Dan untuk tema yang saya angkat untuk JPO kali ini adalah tentang “KEMATIAN” yang mana saya telah mendapatkan 36 pendapat dan opini dari orang-orang disekitar saya, dan tanpa berbasa-basi mari kita baca satu persatu pendapat dan opini mereka tentang “KEMATIAN”, dan sebelum kita memulai membaca refleksi mereka, izinkan saya untuk menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya untuk teman-teman saya yang sudah sudi berbagi pengetahuan dengan saya khususnya dan kepada kalian yang membaca tulisan ini umumnya, semoga dengan hadirnya tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan inilah refleksi mereka :

Dead is part of process. (Agus Darmawan)

Kematian itu tidak ada yang tau kapan datangnya, tetapi itu sesuatu yang pasti terjadi, jadi jangan khawatirkan hal itu. (Vicky)

Hidup dan mati adalah ujian. (Rudi saputra)

Yang hidup di alam semesta ini pasti mengalami kematian. (Harianto)

Banyak orang bilang kematian itu perpisahan yang terbesar, tetapi menurutku kematian itu awal mula kehidupan yang baru. Menangis itu pasti ketika ada yang meninggal, tetapi kita akan bertemu lagi nanti, malah nantinya lebih lama dan ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan di dunia tapi bisa kita lakukan setelah kita mati, tidak ada yang mustahil di dunia, banyak orang yang bilang demikian. Itu salah, ada hal-hal yang tidak mungkin kita lakukan di dunia tetapi ada harapan bisa kita lakukan di kehidupan setelah kematian. Kalo benar-benar paham kematian, kesusahan dunia itu biasa, toh bakal ada jalan keluar, selagi masih hidup. (Ciq Cris)

Menurut saya kematian itu suatu kejadian dimana berhentinya detak jantung dan denyut nadi untuk melakukan kegiatan dan tidak akan kembali bekerja lagi. Kematian itu merupakan proses terpisahnya nyawa dengan jasad atau badan halus yang melepaskan badan kasarnya untuk melakukan penyatuan kembali dengan Tuhan. Badan halus akan mengatakan semua yang telah dilakukan dengan badan kasarnya didunia dan akan dipertimbangkan dengan karma pala sesuai sebab akibat dari perbuatannya selama di dunia. (Putu Mayanti Meliana)

Kematian itu hal yang pasti ada pada manusia bahkan pada makhluk hidup lain, dalam Al Qur’an juga menyebutkan kematian akan terjadi pada makhluk hidup tanpa terkecuali. (Nanda Puspita Sari)

Kematian,? Saya pun awam akan hal itu, mengapa,? Jelas saya pribadi belum merasakan. Mungkin kematian itu menyenangkan, tidak sedikit kepala beranggapan bahwa kematian itu hal yang menakutkan. Kematian adalah takdir makhluk ciptaan Sang Penguasa yang mana takdir tersebut sudah tertulis sebelum ia di ciptakan. (Dodo)

Kematian itu dimana seorang hamba di wawancarai oleh kaki tangan Allah SWT “malaikat” dimana yang menjawab anggota tubuh kita dan tiada kebohongan yang di simpan. (Imam Hanafiah)

Kematian adalah satu kata yang terbentuk atas beberapa huruf, namun memiliki arti yang penting, kematian adalah lawan kata dari kelahiran. Kematian walaupun hanya sekumpulan huruf yang membentuk kata namun sangat menakutkan. Kematian bisa datang kapan saja, dimana saja, tanpa diduga-duga, tidak ada satu pun orang yang bisa tau kapan kematian itu datang. Kematian tidak memilih, entah dia kaya ataupun miskin, apapun jabatannya dia seorang manusia ataupun makhluk apapun akan mengalami yang namanya kelahiran dan kematian, dan tidak ada yang bisa mengelak atas kematian itu sendiri. (Wulandari)

Kematian adalah satu titik dimana satu hal itu hilang. (Malikah)

Kematian itu harga mutlak setiap orang. (Reni Yulianna)

Kematian adalah akhir perjalanan kita, manusia sejak diciptakan tidak henti-hentinya sebagai musafir dan tidak ada batas akhir perjalanan mereka kecuali di surga atau neraka. Mati itu pasti dan semua yang bernyawa akan kembali pada Ilahi. Perkara mati bukanlah suatu hal yang ditakuti justru dengan kematian manusia dapat berjumpa dengan Rabbnya dan untuk bekal menuju kesana amal ibadahlah sebagai penuntun dan awal kehidupan yang sesungguhnya baru akan dimulai setelah kematian. (Fitri Mulyana)

Kematian itu adalah berpisahnya antara jasad dan roh. (Jhon Piranda)

Kematian adalah sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh seseorang. (Titus Prayogo)

Kematian adalah suatu kejadian ketika seseorang kehilangan kesadaran pada waktu yang cukup lama, dan sadar kembali ketika berada di alam lain. (Yonkou Sodik)

Kematian adalah berakhirnya sebuah kutukan. Kematian hanya milik jiwa tapi ruhnya akan tetap hidup. (Jejep)

Kematian merupakan akhir dari suatu kehidupan. Akan tetapi bukan mati secara rohani, namun hanya bagian dari tubuh yang mati, dan ada awal yang baru untuk kehidupan yang baru. (Dwi Manulang)

Kematian tidak melihat umur seseorang, maka sebaiknya beribadahlah dan selalu berbuat kebaikan. Beribadahlah seolah-olah besok kau akan mati. (Sindra Lasmana)

Tua itu harus, kematian itu pasti datang. (Mega Fitria)

Kematian adalah momen diistirahatkannya insan yang saleh dari kesusahan dunia dan manusia yang masih hidup dari insan kejahatan, kematian juga tidak di pandang sebagai titik akhir tapi titik awal dari kehidupan abadi. (Indra Fauzi)

Mengenai (kematian) merupakan misteri bagi manusia yang masih hidup normal, tak seorangpun tau kapan ajal datang dan kapan ajal dijemput, saya setuju dengan tema (kematian) sebab dijaman saat ini manusia hidup hanya mementingkan ego dan keinginan pribadi tanpa memikirkan baik buruknya bagi sesama mahkluk hidup, sehingga dari situlah banyak konflik yang terjadi sesama antar manusia, maka dari itu supaya manusia sadar bahwa kita diciptakan dengan sama dan asal yang sama dan supaya sadar berharganya hidup didunia ini, sebab jika ruh dan jasad sudah terpisah maka akan menyesal atas apa yang diperbuat, dan yang perlu diingat tentunya yang mengalami kematian dan kemusnahan itu hanyalah jasad sedangkan ruh tidak akan mengalami kematian. (Amir)

Kematian adalah portal menuju alam keabadian yang memisahkan batas kefanaan. Dimana kita beristirahat panjang dari alur kehidupan yang dilalui untuk kembali kepada pemilik dan pencipta kita. Untuk mempertanggungjawabkan semua hal yang kita lakukan selama perjalanan menuju portal keabadian. (Dian Oka Lazuardi)

Kematian adalah hal pasti yang akan terjadi disaat kehidupan itu terjadi. (Martina Letare)

Kematian adalah terputusnya segala kenikmatan dan urusan yang ada didunia ini. (Roni Riswanto)

Aku takut dengan kematian, karena ketika kita berada 2 meter dibawah tanah itu, ayah, ibu, tak ada yang dapat mendengarkan kita, ketika kita mau minta tolong untuk dikeluarkan dari tempat itu. Aku membayangkan kuburan itu dingin, gelap, dan kita cuma berteman dengan hewan-hewan didalam tanah, ketika hidup pun aku takut dengan hewan-hewan dibawah tanah itu, apalagi kita harus diletakkan bersama mereka ditempat mereka. Sebagai makhluk ciptaan Allah, aku percaya dengan semua yang telah diturunkan dan diciptakan oleh Allah. Termasuk dengan hal-hal yang telah Allah tuliskan di dalam Al Qur’an. Apalagi tentang neraka, jika dibayangkan panasnya api neraka, didunia saja kita sudah mengeluh dengan panas, apa lagi dineraka. (Fitri Handayani)

Kematian adalah sesuatu yang pasti datang tetapi tidak bisa ditebak kapan datangnya. Satu sarana kita menuju tempat kembali, lebih dekat dengan Tuhan. Sesuatu yang tidak bisa kita tolak. (Siti Aditya Maharani)

Kematian adalah awal dari kehidupan sesungguhnya, dan akhir dari kehidupan sementara. (Maharani) 

Kematian itu adalah suatu musibah yang tak dapat kita duga dan tak dapat kita cegah karena pada dasarnya seluruh makhluk ciptaan Allah suatu saat akan kembali kepada sang pencipta dengan kematian.

(Rini Septiani Hidayat)

Kematian itu awal dari akhir. (A. Ts. Hanna)

Kematian adalah gerbang awal kehidupan baru, akhir dari kehidupan yang sementara. (Mutiara Arini AP)

Kematian itu seperti angin, kita tidak tau kapan dia datang, tapi kita mau tak mau bakal merasakan hal itu. Mungkin hampir semua orang menghindari jalan yang dekat dengan kematian itu, tetapi sadar tak sadar setiap detik, menit, jam, hari, kita selalu melewati jalan kematian itu. (Sisca Firstyani)

Tidak ada satupun manusia yang tau akan kematian, secanggih apapun alat yang dibuat untuk masa depan bahkan melihat masa depan, tidak satupun orang yang mengetahui akan kematian. Kematian dapat diartikan dari akhir segalanya, dari yang tadinya bernyawa menjadi diam. Kematian dalam arti luas dapat diartikan sebagai batasan, dimana ketika kita sudah tak bernyawa dan ada pembatas yang disebut kematian menuju ruang yang baru masuk kedunia lain. Dimensi yang berbeda, itulah kematian. Banyak seseorang yang meninggal dicabut nyawanya sedikit demi sedikit, bahkan ada pula yang langsung seketika. Semua itu tergantung amal ibadah kita dimasa lalu. Kematian adalah pergi dari dunia sebelumnya menuju kedunia selanjutnya. (Erika Novi Kurniati)

Kematian merupakan akhir dari kehidupan, semuanya pasti akan mati. Yang gagah, kuat, perkasa, kaya, miskin, kebal hukum, pasti akan berpulang ke rahmatullah. (Dodi Kurniawan)

Kematian adalah proses penyeimbangan alam. (Eka Mura)

Kematian itu bukanlah sebuah akhir tetapi sebuah awal dari perjalanan selanjutnya. (Indah Setiawati)

Advertisements

Author:

Think Clearly, Create Freely, Love Deeply

One thought on “Jajak Pendapat Opini tentang KEMATIAN

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s