Posted in @Sophy119, My Post, Puisi

SIAPA AKU,?

Oleh :
ARIEF SOFYAN

Satu kata dua suku kata tiga huruf
Gabungan huruf A huruf K dan huruf U
Yaa, AKU
Namun sayang label yang sesederhana itu
Menyimpan enigma yang mendalam

Siapa aku,?
Siapa gerangan yang berbicara ini,?
Siapa gerangan yang mendengar ini,?
Siapa gerangan yang menulis ini,?
Siapa gerangan yang bertanya ini,?

Aku siapa,?
Aku bukanlah nama yang diberi orang tuaku
Aku bukanlah seonggok daging yang bisa berbicara
Aku bukanlah manusia karena manusia bukanlah aku

Bukankah aneh jika aku tak mengenal siapa aku,?
Bagaimana bisa aku mengenal yang lain,
Jika aku sendiri tak mengenal siapa aku.?

Usiaku kini sudah 21 tahun
Terhitung dari 8 Desember 1992
Sampai dengan 8 Desember 2013
Tapi mengapa aku tak tahu siapa aku,?

21 tahun aku lalui tanpa tau siapa aku ini
Ini sebuah ironi yang baru aku sadari hari ini
Begitu banyak orang yang telah aku kenal
Tetapi aku sendiri aku tak mengenalnya

Apa yang membuatku lalai dari mengenal diriku sendiri,?
Apa yang membuatku melupakan pertanyaan esensi ini,?
SD, SMP, SMA, dan sekarang
Hingga aku duduk di bangku perkuliahan
Tak pernah sekalipun aku menanyakan siapa aku ini

Kini, saat ini, aku sedang bertanya
Bertanya kepada diriku sendiri
Tentang siapa aku ini
Tapi aku belum bisa menjawab pertanyaan ini
Adakah dari kalian yang tau
Siapa aku,?

Author:

Think Clearly, Create Freely, Love Deeply

Komentari

